Panjerejo Jadi Sentra Pengolahan Gula Merah Tebu

Kabupaten Tulungagung dikenal sebagai salah satu lumbung penghasil gula merah di Jawa. Dan gula merah tebu merupakan produk unggulannya.

Gula merah tebu memiliki keunggulan dari sisi harga yang lebih murah jika di bandingkan dengan gula merah aren atau kelapa. Ini karena ongkos produksinya yang jauh lebih ekonomis.

Desa Panjerejo yang berada di Kecamatan Rejotangan dikenal sebagai salah satu sentra pengolahan gula merah tebu baik yang berskala rumah tangga maupun yang lebih besar. Produk-produk gula tebu yang dihasilkan ada yang berbentuk tabung dan batok yang biasanya dipasarkan di lokal maupun pesanan. Sedangkan dalam bentuk kawur yang disetorkan ke pengepul yang biasanya akan dipasok untuk bahan baku di industri kecap.

Keberadaan gula tebu di Panjerejo terbilang sudah cukup lama dan digarap secara turun temurun. Bagi produsen gula merah tebu yang masih berukuran mini, peningkatan skala produksi perlu dilakukan demi memenuhi permintaan pasar yang terbilang banyak. Pemerintah daerah setempat perlu mendukung upaya ini karena terbukti usaha ini sanggup menyejahterakan masyarakat.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?